Ada Apa Ini : Pesawat Helikopter TNI Jatuh (lagi)

Belum ‘dingin’ berita jatuhnya Helikopter jenis Bolkow NBO-105 milik TNI AD (8/6), setelah sebelumnya Pesawat Terbang Herkules C-130 milik TNI AU jatuh tersungkur (20/5). Pada hari ini (12/5) Pesawat helikopter milik TNI AU jenis Puma jatuh (lagi?) di Lanud Adang Sanjaya Bogor. Heli berpenumpang 7 orang itu hancur total.

“Pesawat total loss,” kata seorang sumber detikcom, Jumat (12/6/2009).

“Ada 7 orang crew di pesawat itu. Dipimpin Mayor Penerbang Sobic. Copilotnya Wisnu,” kata Kadispen TNI AU Marsma Bambang Sulistyo kepada detikcom, Jumat (12/6/2009).

Sebelumnya Kepala Penerangan Lanud Antang Sanjaya Mayor Adam menyatakan, heli tersebut terbang untuk uji coba setelah perawatan. “Heli terbang untuk test flight setelah perawatan,” katanya kepada detikcom.

i1_Puma_s

Helikopter Puma

Akibat kecelakaan itu, 2 orang meninggal dunia. Namun belum diketahui nama-nama korban tewas. Sementara, 5 orang dipastikan selamat namun mengalami luka-luka dan kini dirawat di RS Atang Sanjaya.

Sementara itu Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono mengaku belum tahu seputar insiden jatuhnya helikopter Puma TNI AU di kawasan Lanud Atang Sanjaya, Bogor. Juwono masih menunggu pemberitahuan resmi dari TNI.

“Saya belum tahu pasti, belum ada informasi yang lengkap. Kita tunggu dulu situasinya bagaimana. Kita tunggu pemberitahuan resmi dari TNI bagaimana kejadiannya, apakah ada yang selamat atau tidak,” kata Juwono.

Hal ini disampaikan Juwono kepada wartawan melalui telepon, Jumat (12/6/2009).

Ketika ditanya mengapa insiden serupa terulang lagi, Juwono memastikan setiap pesawat maupun heli selalu rutin dicek.

“Tidak diizinkan terbang kalau tidak layak terbang, kalau tidak memenuhi syarat. Sekarang kita tunggu dulu informasinya,” ujarnya.

Ada apa ini? Dalam jangka waktu yang berdekatan Pesawat-pesawat milik TNI satu persatu berjatuhan. Siapa yang harus bertanggung jawab. Akan adakah lagi yang menyusul? Masya Allah. Semoga tidak!!!….

pustaka

About these ads

4 responses to “Ada Apa Ini : Pesawat Helikopter TNI Jatuh (lagi)

  1. Ping-balik: Indonesia, bangsa yang tidak pernah siap teknologi maju « mAthA inggin bixara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s