Kecelakaan Pesawat Terbang di Indonesia Masuk Daftar Terburuk di Dunia

Daftar kecelakaan pesawat terbang di dunia bertambah. Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Yaman jatuh di negara pulau Comoros di Samudera Hindia, Selasa 30 Juni 2009. Lebih dari 150 orang penumpang belum diketahui nasibnya.

Kecelakaan tersebut masuk dalam daftar kecelakaan udara terburuk di dunia. Dalam daftar yang sama, juga masuk satu peristiwa kecelakaan di Indonesia, yakni kecelakaan pesawat Garuda Indonesia A-330 di dekat Bandara Polonia Medan.

Berikut daftar kecelakaan udara terburuk di dunia, menurut waktu kejadian:

china2

1.  30 Juni 2009, pesawat Yemenia, Airbus A-310 tujuan Pulau Comoros mengalami kecelakaan di Samudera Hindia. Nasib 153 penumpang belum diketahui.

2.  1 Juni 2009, pesawat Air France, Airbus A 330 jatuh di Lautan Atlantik, sesaat setelah meninggalkan Brazil. 228 penumpangnya diperkirakan tewas.

3.  19 Februari 2003, pesawat militer Iran menabrak gunung, 275 penumpangnya tewas.

4.  25 Mei 2002, pesawat China Airlines, Boeing 747 meledak di udara dan jatuh di Selat Taiwan, 225 orang tewas.

5.  12 November 2001, pesawat American Airlines Airbus A 330 meledak setelah tinggal landas dari Bandara JFK di New York. 265  orang tewas, termasuk beberapa orang yang tertimpa badan pesawat.

6.  31 Oktober 1999, pesawat Egypt Air, Boeing 767 mengalami kecelakaan di Nantucket, 217 orang tewas.

7.  16 Februari 1998, pesawat China Airlines Airbus A 300 kecelakaan saat mendarat di Bandara Taipei, Taiwan, 203 tewas.

8.  26 September 1997, pesawat Garuda Indonesia mengalami kecelakaan di dekat Bandara Polonia, Medan. 234 penumpang dan awak pesawat tewas.

9.  6 Agustus 1997, pesawat Korean Air, Boeing 747-300 kecelakaan saat mendarat di Guam, 228 tewas.

10.  12 November 1996, pesawat Saudi, Boeing 747 bertabrakan dengan pesawat kargo Kazakh dekat New Delhi, 349 tewas.

11.  17 Juli 1996, TWA Boeing 747 meledak di Laut Atlantik dekat Long Island, New York, 230 tewas seketika.

12.  26 April 1994, China Airlines Airbus A300 mengalami kecelakaan saat mendarat di Bandara Nagoya, Jepang 264 meninggal.

13.  12 Desember 1985, pesawat Arrow Air DC-8 mengalami kecelakaan setelah tinggal landas dari Newfoundland Canada. 256 tewas.

14.  12 Agustus 1985, Japan Airlines Boeing 747 mengalami kecelakaan di dekat pegunungan. 520 tewas. Ini adalah kecelakaan tunggal pesawat terburuk sepanjang sejarah.

15.  18 Agustus 1980, Saudi Tristar mendarat darurat di Riyadh dan terbakar, 301 tewas.

16.  25 Mei 1979, American Airlines DC-10 mengalami kecelakaan setelah tinggal landas dari bandara Chicago O’Hare. Sebanyak 275 tewas.

17.  1 Januari 1978, pesawat Air India, Boeing 747 mengalami kecelakaan setelah tinggal landas dari Mumbai, 213 tewas.

18.  27 Maret 1977, KLM 474, Pan American Boeing menabrak runway di Tenerife, Pulau Canary, 583 orang tewas. Merupakan kecelakaan pesawat terburuk sepanjang sejarah.

Coba di kalkulasi. Selama kurun waktu 32 tahun (1977 – 2009 ) jumlah korban tewas dalam kecelakaan pesawat terburuk tersebut — belum termasuk korban dalam kecelakaan pesawat terbang lainnya dengan jumlah yang ‘kecil’ — adalah 4.487 jiwa.  Ini berarti dalam satu tahun rata-rata 140 jiwa atau dalam satu bulan korban meninggal akibat kecelakaan pesawat terbang rata-rata berjumlah paling sedikit 11 orang (angka ini di luar data kecelakaan pesawat yang tidak masuk daftar terburuk).

Sungguh bukan angka yang kecil.  Apalagi mengingat di jaman sekarang ini transportasi udara sudah merupakan pilihan yang mutlak, terutama untuk perjalanan jauh antar negara.

Faktor penyebab kecelakaan pesawat terbang seperti diketahui disebabkan oleh banyak parameter diantaranya human, maintenance dan alam/cuaca. Semoga dengan semakin canggihnya teknologi di dunia penerbangan, kecelakaan pesawat ke depannya akan dapat diminimalisir.

sumber : VIVAnews

About these ads

9 responses to “Kecelakaan Pesawat Terbang di Indonesia Masuk Daftar Terburuk di Dunia

  1. di Nam FlyingSchool pangkal pinang ada indikasi korupsi,insiden pendidikan,accident pesawat,tindak pidana kekerasan bullying(human error cause overconfidance) disebabkan oleh instruktur terbang nam flyingschool pangkal pinang imam mahendra dan kepala sekolah nam flyingschool pangkal pinang bpk soenaryo melakukan tindakan curang,penipuan,pembohongan publik dan penyalahgunaan wewenang(penyakit power sindrom yang sangat membahayakan)tolong diusut tuntas pihak berwajib dan stakeholder serta masyarakat pada umumnya berjaga-jaga senantiasa demi keselamatan,keamanan,dan kemajuan sumber daya pilot di Indonesia. Terimakasih

    Mene’, mene’, Teke’l Ufarsin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s