Tahukah Anda? 10 Pemukiman Paling terpencil di Dunia hingga di Indonesia

Berkat teknologi modern dan perjalanan udara, dunia sekarang telah menjadi lebih kecil. Perjalanan dari satu benua ke benua lain dahulunya memakan waktu berbulan-bulan, sekarang tinggal menghitung jam, dan kadang-kadang tampaknya seperti tidak ada tempat tersisa bagi seorang calon petualang untuk bepergian ke tempat yang sulit untuk dikunjungi.  Namun, jika Anda memiliki waktu, uang dan ingin berpetualang, ternyata masih ada beberapa tempat di peta dunia yang tetap terselubung dalam misteri dan sangat sulit untuk dijangkau.

Apakah itu kamp pertambangan di bagian terluar dunia, atau pulau-pulau kecil ribuan mil jauhnya dari peradaban?. Berikut ini adalah 10 besar pemukiman paling terpencil  di planet Bumi yang dihuni oleh manusia.

10.  Pulau Paskah

easter island 560x373

Terletak sekitar 2.000 mil sebelah barat Pantai Chili, Easter Island, atau Rapa Nui, adalah sebuah pulau kecil yang telah menjadi terkenal dengan isolasi yang luar biasa dari luasnya Samudra Pasifik. Berukuran sekitar tujuh puluh mil persegi Pulau Paskah saat ini adalah rumah bagi sekitar 4.000 orang.

Pulau ini telah menjadi terkenal dengan patung-patung batu besar disebut Moai yang tertanam di pantainya.  Moai  dipahat sekitar tahun 1500 oleh penduduk awal di pulau itu, dan diperlukan ribuan batang kayu besar untuk mengangkut mereka dari satu tempat ke tempat lain, ini mungkin merupakan penyebab deforestasi total Pulau Paskah.  Para ilmuwan berpendapat bahwa pulau itu dulunya tertutup hutan rimbun, tapi sekarang relatif mandul.

Ketika pemukim pertama bermigrasi ke pulau itu, perjalanan butuh waktu beberapa minggu, tetapi hari ini ada sebuah bandara kecil (dilaporkan yang paling terpencil di seluruh dunia) yang membawa penumpang ke pulau  dari Santiago, Chili.

9. La Rinconada, Peru

la rincondada peru 533x400

Untuk tempat yang paling sulit dijangkau di Amerika Selatan tidak ada yang sebanding dengan La Rinconada, sebuah kota pertambangan kecil di Andes Peru.

Terletak hampir 17.000 meter di atas permukaan laut, La Rinconada dianggap sebagai “tertinggi” kota di dunia, dan inilah geografi yang menakjubkan yang membuatnya begitu sunyi.  Kota ini terletak di atas gletser beku abadi, dan hanya bisa dicapai oleh truk melalui jalan berliku berbahaya di pegunungan.

Kota ini memiliki sebanyak 30.000 jiwa, hampir semua dari mereka terlibat dalam bisnis pertambangan emas, yang diekstrak dari bawah es di dalam gua-gua di dekatnya.  Selain keterpencilan tersebut, La Rinconada telah memperoleh reputasi sebagai tujuan untuk pekerja miskin dan putus asa, banyak dari mereka bekerja tanpa upah sebagai imbalan atas hak untuk menyimpan persentase kecil dari bijih emas yang mereka temukan.

8.  Stasion McMurdo, Antartika

mcmurdo 533x400

Antartika mudah dikenali sebagai salah satu tempat paling terpencil di muka bumi. Tidak ada penduduk asli benua itu, tetapi ada beberapa pusat penelitian yang terus-menerus beroperasi di sana.  Dari semuanya,  Stasiun McMurdo adalah yang terbesar.

Terletak di Pulau Ross dekat ujung utara benua itu, yang hampir sepanjang tahun membeku adalah pusat riset internasional, dan merupakan rumah bagi sebanyak 1.200 ilmuwan dan pekerja selama bulan-bulan musim panas yang lebih hangat. Itu salah satu lokasi yang paling terpencil di planet ini, tetapi  McMurdo tidak lagi terpencil seperti dulu. Perjalanan dengan perahu ke Antartika yang berbulan-bulan, kadang-kadang bahkan bertahun-tahun, sekarang ini dengan 3 lapangan terbang telah membuatnya jadi lebih ‘dekat’. Berkat ini, para ilmuwan di stasiun sekarang banyak menikmati fasilitas modern yang ditemukan di kota-kota besar, termasuk gyms, televisi, dan bahkan kursus Frisbee golf sembilan lubang.

7.  Cape York Peninsula, Australia

cape york 560x326

Australia dikenal karena kepadatan penduduk yang sangat rendah dan keindahan alam yang tak tersentuh.  Contoh terbaik adalah semenanjung Cape York,  hamparan padang gurun besar di ujung utara negara itu.

Daerah ini memiliki penduduk hanya 18.000 orang, yang sebagian besar adalah penduduk asli, dan dianggap sebagai salah satu tempat tersisa yang belum berkembang paling besar di dunia.  Cape York sangat sulit untuk dicapai dari arah mana pun di Australia.  Beberapa daerah masih hanya bisa dijangkau oleh helikopter.

6. Ittoqqortoormiit, Greenland

Ittoqqortoormiit 560x364

Dengan luas 836.000 mil persegi, Greenland adalah pulau terbesar di dunia, tapi dengan hanya berpenduduk  57.000 orang berarti juga yang paling sepi.  Dan dari semua kota di Greenland, mungkin tidak ada yang sulit dijangkau seperti Ittoqqortoormiit, sebuah desa nelayan kecil di pantai timur pulau itu, di sebelah utara Islandia. Kota ini merupakan bagian dari kota kabupaten kira-kira seukuran Inggris, tetapi memiliki populasi hanya sedikit lebih dari 500 orang, yang berarti bahwa setiap orang secara teknis memiliki lebih dari 150 kilometer persegi untuk mereka tinggali!.

Penduduk  hidup dari berburu beruang kutub dan Paus.  Ittoqqortoormiit terletak di pantai, tetapi laut sekitarnya hampir sepanjang tahun membeku, hanya menyisakan tiga bulan musim panas.  Ada bandara sekitar 25 mil jauhnya, tetapi penerbangan sangat jarang. Pemukiman paling utara di dunia ini benar-benar terisolasi dalam luasnya tundra.

5.  Kepulauan Kerguelen

kerguelen islands 560x391

Kepulauan Kerguelen adalah kepulauan kecil yang terletak di selatan Samudra Hindia. Tidak ada lapangan terbang di sini, dan  wisatawan harus naik perahu selama 6 hari dari Reunion, sebuah pulau kecil yang terletak di lepas pantai Madagaskar .  Pulau-pulau ini tidak memiliki penduduk asli, tapi  Kerguelen memiliki populasi sepanjang tahun terdiri dari ilmuwan dan insinyur dari Perancis, yang mengklaim Kerguelen sebagai wilayah mereka.

Pulau-pulau yang memiliki sejarah panjang. Mereka pertama kali ditemukan pada tahun 1772  oleh sejumlah ahli biologi yang berbeda dan penjelajah, termasuk Kapten James Cook, yang menyinggahi kepulauan pada tahun 1776.

Sekarang pualu-pulau ini telah menjadi pusat penelitian ilmiah, memiliki satelit, sistem rudal pertahanan Perancis, dan bahkan berfungsi sebagai semacam perlindungan untuk jenis ternak tertentu Perancis yang telah menjadi terancam punah di daratan.

4.  Pitcairn Island

Pitcairn Island 533x400

pitcairn island habitants 204x300 Pitcairn Island adalah sebuah titik kecil di peta yang terletak hampir mati di tengah Samudra Pasifik bagian selatan. Tetangga terdekatnya adalah Kepulauan Gambier dan Tahiti ke Barat, tapi itupun berjarak beberapa ratus mil. Pulau ini  merupakan wilayah Inggris terakhir yang tersisa di Pasifik, memiliki populasi berdiri dari beberapa puluh orang, banyak dari mereka adalah keturunan dari awak kapal yang terkenal HMS Bounty .

Pada 1789, Bounty adalah kisah pemberontakan yang legendaris, ketika awak kapal terpesona dengan kehidupan penduduk pulau Pasifik asli menggulingkan komandan mereka, membakar kapal dalam sebuah teluk di dekatnya, dan menetap di Pitcairn.  Hari ini, keturunan mereka  sebagian besar  hidup dari pertanian, perikanan, dan penjualan  perangko langka untuk kolektor.

Bahkan dengan transportasi modern mereka masih tetap salah satu komunitas yang paling terpencil di dunia.  Tidak ada lapangan terbang di pulau itu, dan ke sana dari daratan dengan menumpang pada sebuah kapal kargo dari Selandia Baru, sebuah perjalanan yang dapat memakan waktu selama sepuluh hari.

3.  Alert, Nunavut, Kanada

alert nunavut canada 533x400

Terletak di Kanada di ujung wilayah Nunavut, Alert adalah sebuah desa kecil yang terletak di Samudra Arktik hanya 500 mil di bawah Kutub Utara .  Hal ini secara luas dianggap sebagai tempat yang dihuni secara permanen paling utara di dunia.

Suhu di Alert, yang juga berfungsi sebagai fasilitas penerima radio Kanada dan laboratorium cuaca, bisa serendah 40 derajat di bawah nol, dan karena lokasinya di atap bumi , kamp mengalami 24 jam sinar matahari selama musim panas dan gelap 24 jam selama musim dingin. Kota terdekat dari Alert adalah sebuah desa nelayan kecil sejauh 1.300 mil, dan Anda harus melakukan perjalanan hampir dua kali jarak itu untuk mencapai kota-kota besar seperti Quebec.

Alert tidak memiliki bandara karena alasan cuaca. Pada tahun 1991, sebuah pesawat C-130 jatuh di sana ketika pilot salah menilai ketinggian dan membawa pesawat 19 mil dari landasan sebenarnya.  4 orang meninggal dalam kecelakaan itu, dan lain tewas sambil menunggu pihak penyelamat, yang memakan waktu hampir 30 jam untuk melakukan perjalanan pendek ke situs karena badai salju.

2.  Motuo County, Cina

motuo1

Dianggap daerah terakhir di China tanpa jalan menuju ke sana, Motuo adalah sebuah komunitas kecil di Daerah Otonomi Tibet yang menjadi salah satu dari sedikit tempat di Asia yang tak tersentuh oleh dunia modern.

Untuk ke Motuo, sebagai pelancong harus mengikuti rute darat melelahkan melalui bagian beku Himalaya sebelum menyeberang ke daerah ini melalui jembatan gantung sepanjang 200 meter.  Kabupaten ini terkenal dengan keindahan nya, sepersepuluh dari semua flora di Cina tumbuh di sini.

Jutaan dolar telah dihabiskan selama bertahun-tahun untuk membangun jalan menuju Motuo, tetapi semua upaya  akhirnya telah ditinggalkan karena longsor, longsoran, dan volatile lanskap umumnya. Seperti  awal 90′an telah dibangun jalan darurat  ke jantung Mutuo County dari dunia luar. Ini hanya berlangsung selama beberapa saat sebelum dilalui, dan segera direklamasi oleh hutan lebat.

1. Tristan da Cunha

tristan da cunha

Inilah hunia paling terpencil di dunia, Tristan de Cunha merupakan kepulauan  kecil yang terletak di selatan Samudra Atlantik .  Tanah terdekat ke pulau itu adalah Afrika Selatan,  kira-kira 1.700 mil, sedangkan pantai Amerika Selatan terletak pada jarak sekitar 2.000 mil.  Meskipun berukuran kecil dan terisolasi, Tristan de Cunha memiliki sejarah yang kaya.

Pulau ini pertama kali ditemukan pada 1506 oleh seorang penjelajah Portugis, dan kemudian dianeksasi oleh Inggris, yang cemas jika Perancis mungkin menggunakannya sebagai titik keberangkatan untuk menyelamatkan Napoleon, yang telah dibuang ke  pulau St Helena di dekatnya.  Sekelompok kecil dari Inggris, Italia, dan pemukim Amerika mulai tinggal di pulau di tahun 1800an, dan masih di bawah yurisdiksi Inggris hingga hari ini.

Kepulauan kini memiliki jumlah penduduk hanya 271 orang, yang sebagian besar adalah keturunan dari orang-orang pemukim asli dan membuat hidup mereka sebagai petani dan pembuat kerajinan.

Meskipun pulau ini kini memiliki beberapa stasiun televisi dan akses ke internet melalui satelit, tetap masih merupakan lokasi paling fisik terpencil di planet bumi. geografi berbatu pulau ini membuatnya tidak mungkin untuk membangun sebuah lapangan terbang, sehingga satu-satunya cara untuk perjalanan ke sana adalah dengan kapal nelayan.

sumber : toptenz

Namun dari seluruh tempat tersebut di atas, mari kita bandingkan dengan pemukiman yang luar biasa berikut, yang pantas menduduki posisi paling puncak.

Rangking Kehormatan Untuk Pemukiman Rumah Pohon Irian Jaya

Nun jauh di pedalaman rimba Irian Jaya, di dataran rendah teluk sungai Brazza (?) di kaki pegunungan Jaya Wijaya hidup suku Korowai dan Kombai. Nyamuk dan ancaman perang antar suku menyebabkan mereka membangun rumah mereka di atas pohon. Bahkan sebagian dari mereka tinggal di rumah di atas pohon setinggi 40 m!

gravity_defying_08_tree

Papua_Kombai_tree_people_Uzel (1)

Suku Korowai dan Kombai tinggal di wilayah Indonesia dan sudah pasti mereka juga penduduk Indonesia. Namun sangat jarang ditemukan literatur mengenai mereka dalam bahasa Indonesia. Justru banyak peneliti asing yang mengunjungi mereka dan mempelajari kehidupan suku mereka yang unik.

Korowai adalah salah satu suku di Irian yang tidak memakai koteka. Kaum lelaki suku ini memasuk-paksa-kan penis mereka ke dalam kantong jakar (scrotum) dan pada ujungnya mereka balut ketat dengan sejenis daun. Sementara kaum perempuan hanya memakai rok pendek terbuat dari daun sgu. Sagu adalah makan utama mereka.

Sedangkan pria Suku Kombai menggunakan ‘koteka’ dari paruh burung besar. Senjata mereka adalah panah yang matanya terbuat dari tulang.

native-people-living-in-tree-houses

Mereka hidup sangat bersahaja di dunianya. Jangan berharap ada jalan raya atau lapangan terbang di sini apalagi akses internet atau telepon satelit. Di sini waktu seperti terhenti.

sumber : papuatrekking.com

About these ads

12 responses to “Tahukah Anda? 10 Pemukiman Paling terpencil di Dunia hingga di Indonesia

  1. Luar biasa memang ketika kita bandingkan dgn kehidupan kita dirumah kita yang serba nyaman, seketika kita menjadi merasa sangat maju dan hebaaat setelah membaca artikel ini.

    Kpd admin tolong buat artikel menarik tentang Wisata Bandung atau Bandung City Tour tapi dari sisi yang berbeda krn kalau dari sisi yang umum telah banyak blogger yang menulisnya.

    Saya yakin bila ada artikel unik tentang Bandung city Tour tentu akan menarik banyak sekali minat pembaca, apalagi kalau artikelnya orisinal.

    Salam sukses selalu

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s