Inovasi Anak Bangsa! Pelajar SMK Ciptakan Alarm Anti Maling Yang Bisa SMS

Satu lagi Inovasi Anak Bangsa! Dua pelajar kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) I Muhammadiyah Gresik, Jawa Timur, Khoirul Huda dan Hamdi Mustofa berhasil menciptakan alarm antimaling kendaraan bermotor.

Alarm anti maling yang mereka ciptakan tergolong kreatif dan unik, yaitu alarm kendaraan bermotor yang akan memberitahu pemiliknya melalui SMS bahwa kendaraan mereka telah dicuri, sekaligus memberitahukan dimana lokasi kendaraan tersebut!

Meskipun peralatan yang digunakan untuk merakit alarm ini terbilang sederhana yakni modem dan mikrokontroler, tapi jangan anggap remeh karena alat ini bisa terkoneksi dengan telepon seluler pemilik kendaraan. Kedua piranti ini dimodifikasi dan “ditanam” di bodi sepeda motor atau mobil secara tersembunyi.

Menurut Khoirul, bila kendaraan tersebut dicuri, hanya dalam sepuluh kali putaran roda mesin otomatis mati.  Mesin tidak bisa dihidupkan selain melalui ponsel pemilik kendaraan.

Bersamaan dengan bunyi alarm yang meraung, si empunya kendaraan akan menerima kiriman pesan di ponselnya. Isinya, ya itu tadi pemberitahuan pencurian. Ini semua lantaran modem yang ditanam di kendaraan itu telah terhubung dengan jaringan GPS. “Sehingga posisi kendaraan dapat diketahui,” imbuh Khoirul.

Penciptaan inovasi itu, kata Khoirul, terinspirasi oleh maraknya pencurian kendaraan bermotor. Kemudian muncul ide Khoirul untuk menciptakan alarm sederhana tapi efektif. “Prinsipnya, kami membuat inovasi teknologi yang bermanfaat,” kata siswa jurusan UV Mikrokontroler tersebut.

Kemarin Temuan itu telah diujicoba beberapa kali, termasuk di markas Kepolisian Resor Kota Besar. Mereka menggunakan sepeda motor Suzuki Satria sebagai alat uji coba.

Saat sepeda motor itu dinyalakan dengan kunci T dan dibawa lari, tiba-tiba mesinnya mati. Tak lama kemudian muncul pesan pendek di ponsel Khoirul berisi pemberitahuan bahwa sepeda motornya telah dibawa lari pencuri.

Source : TempoInteraktif/KUKUH S WIBOWO

About these ads

14 responses to “Inovasi Anak Bangsa! Pelajar SMK Ciptakan Alarm Anti Maling Yang Bisa SMS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s