Kerupuk Basah Penganan Khas dari Hulu Sungai Kapuas

Sekilas mendengar nama penganan Kerupuk Basah sepertinya absurd.  Kerupuk selalu identik dengan penganan khas yang digoreng garing, crispy dan harus ‘kriuk-kriuk’ jika dimakan.  Apakah kemudian kerupuk ini disiram sejenis kuas sehingga menjadi basah.  Tentu saja tidak, karena kerupuk basah khas daerah hulu Sungai Kapuas tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ini memang  dibuat tidak untuk dijadikan ‘kerupuk’, melainkan disajikan langsung tanpa melalui proses dijemur dan digoreng sepertinya lazimnya pembuatan kerupuk lainnya.

Kerupuk basah biasa dibuat dengan bahan dasar ikan air tawar.  Namun jenis ikan yang paling lezat di lidah adalah ikan belidak (Notopetrus chitala H.B).  Ikan eksotik ini banyak dijumpai di Sungai Kapuas di sekitar Danau Sentarum. Oh ya, Danau Sentarum juga menawarkan keindahan danau alam hutan tropis dengan beragam spesies flora dan fauna endemik.  Danau Sentarum termasuk dalam kawasan TNDS (Taman Nasional Danau Sentarum), lain kesempatan kita akan bahas lebih detail tentang TNDS ini.

Cek : Eksotisme Taman Nasional Danau Sentarum

Kembali ke Kerupuk Basah.  Makanan ini terbilang unik dan sederhana, sedikit kenyal namun gurih  dengan cita rasa ikan air tawar yang kental terasa,  hmmm….. Biasanya Kerupuk Basah di sajikan dengan sambal. Di kalangan Masyarakat Kapuas Hulu khususnya di kawasan Danau Sentarum, makanan ini sangat popular dan menjadi sajian utama ketika ada tamu.

Kerupuk yang tidak garing namun gurih

Salah satu jenis Ikan Belidak (Notopetrus chitala H.B)

Bagi yang penasaran untuk mencicipi penganan ini namun belum punya kesempatan bertandang ke Kapuas Hulu, dapat membuat sendiri Kerupuk Basah.  Berikut pimpii lampirkan resep membuatnya yang diberikan oleh mbah google :

kerupuk basah mentahDibentuk bulat panjang

RESEP KERUPUK BASAH
Bahan-Bahan :

  • 1 Kg Daging ikan belidak segar (dapat diganti dengan ikan Tenggiri)
  • 500 Gr Tepung sagu/kanji putih
  • 6 Siung bawang putih ditumbuk halus
  • ½ Sdk makan merica bubuk
  • 3-4 Gelas air
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa sesuai selera.

Bahan Sambal :

  • 10 Bh cabe rawit merah
  • 200 Gr kacang tanah goreng tanpa kulit
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa sesuai selera.

Cara membuat kerupuk basah

Daging ikan, air, bawang putih, merica, garam & penyedap rasa diaduk sampai rata.  Sesudah rata masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai kenyal dan dapat dibentuk bulat panjang.

Setelah selesai dibentuk,  masukkan ke dalam air yang mendidih, tunggu 30-40 menit hingga mengapung baru diangkat.

Kerupuk basah bisa dimakan langsung atau digoreng lagi. Pada adonan kerupuk basah dapat ditambahkan irisan daun bawang/seledri.

Cara membuat sambal

Tumbuk cabe rawit dan kacang tanah goreng sampai halus, setelah halus masukan air panas secukupnya jangan terlalu kental dan terlalu cair. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa.

Sambal juga bisa ditumis (biar awet/tidak mudah basi) tinggal ditambah bawang merah & bawang putih ( bawang merah 2 bh, bawang putih 1 biji).

Selamat mencoba!

dari berbagi sumber

About these ads

2 responses to “Kerupuk Basah Penganan Khas dari Hulu Sungai Kapuas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s