A sampai Z nama-nama Suku Bangsa di Indonesia

Meskipun ada teori yang menyebutkan bahwa bangsa Indonesia mempunyai nenek moyang yang sama, kenyataannya ada beraneka ragam suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.Tidak diketahui secara pasti berapa jumlah suku bangsa di Indonesia. Namun Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil sensus penduduk terakhir 2010, diketahui bahwa Indonesia terdiri dari 1.128 suku bangsa. Jumlah yang fantastis dari segi jumlah.  Dapat dibayangkan betapa keaneka-ragaman suku bangsa di Indonesia.  Hal ini antara lain disebabkan oleh:
  1. perbedaan ras asal,
  2. perbedaan lingkungan geografis,
  3. perbedaan latar belakang sejarah,
  4. perkembangan daerah,
  5. perbedaan agama atau kepercayaan, dan
  6. kemampuan adaptasi atau menyesuaikan diri.
Dari faktor-faktor di atas, faktor lingkungan geografis dan kemampuan adaptasi atau menyesuaikan diri sangat berpengaruh. Faktor lingkungan geografis yang menyebabkan keanekaragaman suku bangsa antara lain sebagai berikut.
  1. Negara kita berbentuk kepulauan. Penduduk yang tinggal di satu pulau terpisah dengan penduduk yang tinggal di pulau lain. Penduduk tiap pulau mengembangkan kebiasaan dan adat sendiri. Dalam waktu yang cukup lama akan berkembang menjadi kebudayaan yang berbeda.
  2. Perbedaan bentuk muka bumi, seperti daerah pantai, dataran rendah, dan pegunungan. Penduduk beradaptasi dengan kondisi geografis alamnya. Adaptasi itu dapat terwujud dalam bentuk perubahan tingkah laku maupun perubahan ciri fisik. Penduduk yang tinggal di daerah pegunungan misalnya, akan berkomunikasi dengan suara yang keras supaya dapat didengar tetangganya. Penduduk yang tinggal di daerah pantai atau di daerah perairan akan mengembangkan keahlian menangkap ikan, dan sebagainya. Perubahan keadaan alam dan proses adaptasi inilah yang menyebabkan adanya keanekaragaman suku bangsa di Indonesia.

Besar kecilnya suku bangsa yang ada di Indonesia tidak merata. Suku bangsa yang jumlah anggotanya cukup besar, antara lain suku bangsa Jawa, Sunda, Madura, Melayu, Bugis, Makassar, Minangkabau, Bali, dan Batak. Biasanya suatu suku bangsa tinggal di wilayah tertentu dalam suatu provinsi di negara kita. Namun tidak selalu demikian. Orang Jawa, orang Batak, orang Bugis, dan orang Minang misalnya, banyak yang merantau ke wilayah lain.

Meskipun dirasakan masih jauh dari jumlah yang sebenarnya, berikut adalah daftar nama-nama suku di Indonesia yang disusun secara alfabetikal, diurutkan berdasarkan nama suku, bukan nama wilayah. (Daftar ini belum lengkap dan anda dapat melengkapinya di sini) :

 

A

B

D

E

F

G

I

J

K

L

M

N

O

P

R

S

T

U

W

source : wikipedia / sumber lainnya

5 responses to “A sampai Z nama-nama Suku Bangsa di Indonesia

  1. Terima kasih atas kesediaannya menyusun dan membagi-bagikan informasi ini, meskipun banyak suku yang diulang-ulang, seperti Dayak Ahe dll. Info BPS juga berarti belum lengkap dan inkredibel kalau digeneralisir bahwa ada suku Timor dan Flores? Di Flores ada suku Munggarai, Rongga (sudah dimuat di blog), Riung, Rembong, Ngada, Nagekeo, Ende, Lio, Sikka, Nagi. Sedangkan di Timor ada suku Dawan, Tetun, Merae, Kemak dll. (tolong dilengkapi). Dan pasti masih banyak juga suku-suku lain yang belum sempat didatai oleh BPS. Terima kasih bung. Tuhan memberkati.
    Salam dari Bonn

  2. perlu saya beritahukan bahwa suku KARO bukanlah BATAK tlong lihat sejarah kerajaan Haru ataupun sumpah Palapa patih Gajah mada dari Mojopahit atau dari kerajaan Pasai, krajaan Malaka bahkan kerajaan di China pada jamannya tidak ada menyebut suku Batak ? tolong di luruskan sejarah ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s