Inilah Makanan Ekstrim Khas Indonesia

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya, flora dan faunanya. Begitu pula dengan makanan, Indonesia adalah surga bagi para penikmat kuliner sebab tidak terhingga jumlah makanan khas Indonesia yang menggugah selera untuk dijadikan hidangan favorit.  Namun disamping makanan khas yang ‘biasa-biasa’ saja, ternyata Indonesia juga menyimpan khazanah kuliner yang dirasakan aneh dan ekstrim serta hanya dapat dijumpai di daerah-daerah tertentu saja.
Berikut ini makanan ekstrim khas Indonesia, antara lain :
  • Bothok Tawon

Bothok  adalah makanan khas Jawa yang awalnya terbuat  dari ampas/bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya (santan). Pada awalnya bothok yang terbuat dari ampas kelapa ini dimasak, agar ampas kelapa yang masih bergizi ini tidak dibuang. Oleh karena itu ampas kelapa ini kemudian dibumbui dengan cabai, garam, merica dan daun salam, dibungkus dalam daun pisang, yang kemudian dikukus dalam uap panas. Bothok pada saat ini dimodifikasi juga dengan petai cina, tahu, teri, udang atau bahkan larva tawon/lebah (dikenal sebagai bothok tawon).

Bothok tawon menggunakan bahan dasar sarang tawon atau lebah. Rasanya ada yang pedas, manis dan asam segar. Bothok tawon masih bisa ditemui di daerah pedesaan jawa timur.

  • Lawar Bali


Lawar adalah makanan tradisional khas Bali yang bahannya dari daging babi, darah babi yang masih segar, parutan kelapa dan bumbu-bumbunya.  Lawar pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, tetapi saat ini telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan bahkan hotel-hotel berbintang di Bali

  • Rujak Cingur


Sudah terlihat jelas belum bentuknya.  Hidung apaan tuh :).  Benar…, bahan di atas adalah bahan dari rujak cingur, makanan khas kota surabaya. Cingur adalah sejenis kikil dari bagian hidung dan mulut sapi. Rujak cingur sangat enak dimakan dengan sambal petis  kacang tanah.

  • Rempeyek Laron


Pernah tahu hewan yang terbang bergerombol setelah hujan reda, biasanya kita temui dekat lampu depan rumah. Namanya laron, hasil metamorfosis dari rayap kayu. Oleh penduduk setempat  dijadikan bahan rempeyek.  Rempeyek sendiri adalah kerupuk sederhana yang terbuat dari tepung beras dengan bumbu kaya rempah.  Untuk Anda yang terbiasa makan maka akan ketagihan merasakannya karena snagat gurih, diketahui pula Laron sangat kaya protein. Namun bagi Anda yang beum pernah mencoba, jangan kaget jika mendadak Anda jadi gatal-gatal karena alergi.

  • Kelelawar Goreng Bumbu


Kelelawar goreng bumbu kecap sambal pedas, merupakan masakan khas dari manado. Mungkin di daerah lain juga ada tapi dengan bahan kelelawar buah atau codhot.

  • Ulat Sagu


Ulat sagu bisa ditemui pada pohon sagu yang sudah mati ada juga di pohon kelapa yang telah mati. Sebenarnya ulat sagu merupakan perubahan sebelum menjadi kumbang. Biasanya langsung dimakan mentah-mentah sebagai jamu dan obat kuat, khas dari papua atau NTB.

  • Tokek goreng


Digunakan sebagai jamu untuk masalah penyakit kulit. Tokek bisa kita temui hidup di rumah-rumah, ada juga yang ditangkarkan.

  • Tikus Panggang


Wah, ini tikus panggang namanya, asli dari manado punya. Ada yang sudah coba ?!?

  • Juice Cacing Tanah


Tidak dimakan mentah-mentah, cacing tanah dioleh dengan dikeringkan kemudian dijadikan serbuk sehingga nantinya bisa dijadikan juice. Merupakan resep turun temurun untuk obat dan anak yang sulit makan. Protein dalam daging cacing sangat tinggi manfaatnya.

  • Keripik Teripang


Makanan dari hewan laut seperti lintah. Mengandung protein yang tinggi. Kalau anda alergi sebaiknya dihindari.

  • Belalang Goreng


Walang goreng atau belalang goreng. Makanan ini bisa kita temui saat musimnya, banyak dijajakan warga sekitar desa gunung kidul.

  • Sate Biawak


Sate dari biawak dipercaya bisa berkhasiat untuk kejantanan para lelaki. Kalau di jawa disebut nyambik, hidup di sekitar sungai atau danau. Lemak biawak digunakan untuk minyak oles dan dagingnya untuk sate.

  • Sate Ular


Sate ular, pasti bisanya sudah dihilangkan, jadi tidak beracunlah.

  • Sate Kuda


Sate kuda, jantan seperti kuda. Patut dicoba kalau berani. Banyak ditemui di daerah jawa dan sumbawa. Ada pula susu kuda lho :)

  • Sate dan rica-rica Landak


Binatang yang mempunyai banyak bulu berjarum ini dijadikan bahan sate dan rica-rica. Dipercaya untuk obat sakit asma dan alergi kulit.

  • Sate Buaya


Bisa kita temui di daerah sumatra dan kalimantan. Buaya yang dibuat sate adalah buaya dari tangkaran.

 

http://www.info-asik.com/2012/03/makanan-khas-indonesia-paling-aneh.html

5 responses to “Inilah Makanan Ekstrim Khas Indonesia

  1. masih kurang itu gan infonya… ada makanan yang lain seperti ulat yang dipohon turi, kepompong, kepompong ulat di daun jati, bekicot dll masih banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s