Unik, Air Panas Sipatn Lotup di Pedalaman Kalimantan Barat

Standar

Sumber air panas Ai Sipatn Lotup menjadi unik sebab tidak banyak sumber air panas di pulau Kalimantan.  Seperti juga sumber air panas Hantakan di Kalimantan Selatan, air panas Sajau di Kalimantan Timur, air panas Seburuk di Kalimantan Barat dan Poring Hot Spring di Sabah Malaysia, secara geologis pulau Kalimantan tidak mempunyai gunung berapi sehingga sumber air panas tersebut berasal dari mata air yang dipanaskan oleh panas bumi (geotermal).

Seperti diketahui, semakin dalam letak batu-batuan di dalam perut bumi, semakin meningkat pula temperatur batu-batuan tersebut. Air merembes ke dalam kerak bumi yang sangat dalam, dan dipanaskan oleh permukaan batu yang panas. Air yang sudah dipanaskan keluar berupa sumber air panas.

Pintu masuk

Kolam air panas

Lubang tempat keluarnya air panas dari perut bumi

Tidak  banyak  literatur mengenai sumber air panas ini.  Tetapi diketahui Ai Sipatn Lotup berasal dari bahasa dayak setempat.  Ai artinya air, Sipatn artinya menyimpan, Lotup artinya meletup/bergelembung akibat panas/mendidih, sehingga Ai Sipatn Lotup  bermakna tempat penyimpanan air panas/kolam air panas.  Kolam ini terletak di Desa Jangkang, Kecamatan Balai Sebut, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, sekitar 6 jam perjalanan dari Pontianak, Ai Sipatn Lotup termasuk andalan wisata Kabupaten Sanggau.  Namun belum banyak yang mengetahui potensi wisata ini, sehingga tidak banyak yang mengunjungi sumber air panas  yang unik ini.

Pemda setempat tampaknya sudah mengemas lokasi air panas yang  mempunyai temperatur antara 52 – 55 derajat Celcius tersebut menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi.  Kolam pemandian air hangat dan fasilitas umum penunjang telah dibangun. Namun akses jalan menuju lokasi masih berupa jalan tanah, sehingga sulit dilewati pada musim penghujan.  Akan tetapi merasakan sensasi berendam air hangat yang cukup langka di pedalaman Kalimantan ini pantas di coba. Berminat?

Satu tanggapan »

Tinggalkan komentar